01 April 2020

TUGAS RELAWAN ANTI COVID-19 DESA MANTREN

Mantren. Berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2020 tentang 'Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, Kepala Desa Mantren Rudy Prasetyo membentuk Tim Relawan Anti Covid-19 Desa Mantren. Relawan harus mengetahui gejala awal virus, cara penularan dan pencegahan, serta menyosialisasikan kepada warga. Relawan mendata penduduk rentan sakit seperti lanjut usia, balita, punya penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis lainnya dibantu tim pendamping desa. Setiap Desa diminta melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan tempat cuci tangan maupun hand sanitizer di tempat umum seperti balai desa.

Tugas relawan membuat ruang khusus isolasi dan mendata tempat yang representatif.

Relawan diperintahkan membuat pos desa 24 jam untuk memantau dan mendata warga yang keluar dan masuk desa. Baik warga desa, tamu yang masuk ke desa hingga warga desa yang datang dari rantau. Pendataan meliputi pemeriksaan suhu tubuh dan mencatat tujuan warga.


Kemudian, pemerintah desa tidak memberi izin terhadap masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan berkumpul dalam jumlah banyak atau kerumunan. Kalau ada yang nekat, bersama relawan, Babinsa, Babinkamtibnas, bisa dibubarkan. 


Relawan berkewajiban membantu tenaga kesehatan untuk menangani warga dinyatakan positif covid-19. Yakni dengan menyiapkan tempat isolasi mandiri serta membantu menyiapkan logistik warga yang masuk ruang isolasi menggunakan dana desa.  Bila merasa tingkat penyakit pasien terpapar covid-19 tinggi, harus dilaporkan dan dikoordinasikan dengan tim BNPB dan tim kesehatan di daerah.

Pada saat ini relawan Anti Covid-19 Desa Mantren dibantu warga desa bersama-sama menjaga posko jalan akses pintu masuk desa dengan menjalankan protokol kedatangan pengunjung/tamu, salah satunya mengecek suhu tubuh dengan thermo Gun, setelah itu masuk dalam bilik disinfektan.

Semoga dengan usaha ini, menambah kewaspadaan kita dalam menghadapi Covid-19 ini dan semakin patuh terhadapat himbauan Pysical Discanting. Diharapkan warga desa mantren selalu memakai masker di saat bepergian serta cuci tangan sebelum masuk rumah dan mengikuti gerakan berjemur matahari pagi (GBMP) pada jam 10 s.d 11 siang agar imun kita terjaga dengan baik.

Ayooo... Kita tetap #dirumasaja untuk menekan penularan virus Covid-19. Warga Mantren patuh terhadapa himbauan pemerintah pusat dan desa.

Desa Mantren Bahagia, Desa Mantren Sehat

Bravo Desa Mantren

MURTINI (KEPALA SEKSI PELAYANAN)    RINI TRI PRATIWI, M.PD (KASI PEMERINTAHAN)    YAYAH ARUM WAHYUNI (KAUR KEUANGAN)    HARIYANTO (KAMITUWO II KRAJAN)    UTIK SUSANA, ST (SEKRETARIS DESA)    SUTIKNO (KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN)    SINDU SUDIRO (KAMITUWO I NGLOROG)    SUNARTI (KAMITUWO III GANGSIR)    SUPRIH LESTARI (KAUR UMUM DAN TATA USAHA)